Mengulas Seputar Tentang Multivitamin yang Baik untuk Ibu Hamil

Kesehatan ibu hamil sangat penting untuk bisa melakukan proses persalinan dengan baik. Selain itu kondisi janin atau bayi di dalam rahim ibu juga sangat dipengaruhi oleh kesehatan ibu. Karenanya kesehatan ibu hamil perlu diperhatikan dengan seksama baik oleh ibu itu sendiri, keluarga maupun petugas kesehatan. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi multivitamin yang bisa membantu meningkatkan stamina serta kualitas kesehatannya.

Ada banyak jenis multivitamin yang baik untuk ibu hamil. Salah satunya adalah multivitamin probiotik untuk kesehatan saluran cerna yang mengandung bakteri baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Bakteri baik dalam probiotik akan menambah jumlah bakteri baik sehingga semakin kuat untuk menangkal penyakit yang bisa ditimbulkan oleh adanya bakteri jahat di dalam tubuh. Selain itu probiotik juga bisa membantu memaksimalkan serapan zat gizi yang berasal dari makanan. Di pasaran, ada beberapa jenis sediaan probiotik yaitu yang berbentuk cairan atau minuman siap saji dan dalam bentuk serbuk yang bisa dicampurkan dalam minuman maupun makanan.

Multivitamin lainnya misalnya adalah kapsul zat besi. Zat besi sangat penting untuk proses pembentukan sel darah merah yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh ibu hamil maupun janin dalam rahimnya. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia tersebut tidak boleh diabaikan karena ibu hamil yang mengalami kekurangan zat besi akan merasa lemas hingga jumlah sel darah kurang mencukupi. Hal ini jika dibiarkan terlalu lama bisa mengakibatkan janin mengalami cacat. Untuk mencegahnya, satu kapsul zat besi setiap hari selama mengandung bisa diberikan kepada ibu hamil atau sesuai dengan petunjuk dokter kandungan.

Selain vitamin probiotik dan zat besi masih banyak lagi multivitamin lainnya yang bisa dikonsumsi untuk memberikan dukungan kesehatan pada ibu hamil. Sekarang ini bahkan sudah banyak sediaan multivitamin yang mengandung beberapa vitamin dan mineral dalam satu sediaan sehingga ibu tak perlu mengkonsumsi banyak obat. Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan apa saja yang Anda konsumsi terutama jika itu adalah obat-obatan agar mendapatkan penjelasan mengenai manfaat dan resiko serta mendapatkan dosis yang lebih tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *